cara menambah berat badan

Monday 12 May 2014

// // Leave a Comment

Bagaimana cara menambah berat badan bayi dalam kandungan ?

menambah berat badan bayi dalam kandungan

Bicara tentang menaikan barat badan bayi dalam kandungan lalu mengetahui berat badan janin yang masih di dalam kandungan untuk kemudian dilakukan penambahan berat badan bayi sebenarnya sulit untuk diprediksi melalui seberapa besar ukuran perut ibu tersebut saat sedang hamil. 

Dan biasanya bunda dalam masa kehamilan yang tidak ingin bayinya lahir dengan berat badan rendah maka akan melakukan pemeriksaan USG. Pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter kandungan atau bidan dapat mengetahui berapa berat badan bayi yang masih di dalam kandungan.

Jika saat pemeriksaan USG tersebut Bunda mendapati berat badan bayi masih rendah, maka jangan panik dan khawatir, karena Bunda masih bisa menambah berat badannya dengan melakukan hal-hal dibawah ini. Sesuai dengan anjuran para ahli kandungan, Bunda dalam masa kehamilan wajib mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, yakni lemak tak jenuh berantai pendek dan bukan lemak trans serta memenuhi kebutuhan kalsium dalam masa kehamilannya. Agar dapat menambah berat badan janin yang masih dalam kandungan sebaiknya Bunda memperbanyak konsumsi makanan seperti kacang hijau, ice cream, susu, keju , alpukat, kacang-kacangan, ikan, susu nabati, gandum dan juga minyak ikan.

Karena kandungan dari minyak ikan sendiri biasanya sudah terkandung suplemen multivitamin yang sangat baik untuk ibu hamil seperti DHA dan Vitamin pendukung lainya. Bunda dalam masa kehamilan juga harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan berat badan bayi rendah, Sesuai dengan kutipan Pregnancy bahwa penyebab umum bayi lahir dengan berat badan rendah yakni karena si ibu menghirup asap rokok, penggunaan obat-obatan, mengonsumsi alkohol, terlalu banyak , stres, gizi buruk, ketakutan berlebihan, dan juga adanya kelainan genetik yang terjadi pada ibu hamil tersebut.

 Faktor-faktor seperti di atas dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah dan akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit. Untuk mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah atau kurang, sebaiknya Bunda dalam masa kehamilan menghindari hal-hal yang telah disebutkan di atas dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, serta akan lebih baik jika disertai dengan olahraga yang khusus dibuat untuk Bunda dalam masa kehamilan agar kesehatan dan kebugaran tubuh dapat tetap prima.



Di bawah ini adalah cara untuk menambah berat badan bayi yang masih di dalam kandungan :
1. Perbanyak konsumsi buah-buahan secara rutin.
2. Hindari konsumsi minuman soda ataupun berbahan pengawet dan gula buatan.
3. Konsumsi juga daging merah untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh
4. Perbanyak konsumsi ikan laut sepeti salmon, tuna dan lain sebagianya untuk mendapatkan asupan DHA yang lebih baik.
5. Bila perlu, mengkomsumsi suplemen yang diberikan dokter
6. Jangan lupa untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari
7. Untuk menambah nutrisi Bayi, susu khusus Bunda dalam masa kehamilan sangat dianjurkan.
8. Hindari makanan pedas.

Semoga tips cara menambah berat badan bayi dalam kandungan dapat bermanfaat dan membantu Bunda untuk menaikan berat badan janin yang kurang. Selamat mencoba!



0 comments:

Post a Comment